Ikuti Kami:

Bisnis

Antisipasi Kemarau, Petani di Jabar Dapat Bantuan Padi Varietas Tahan Kering

Diterbitkan:

|

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse
Ilustrasi petani padi pada musim kemarau. (Foto: Net)

TODAY.ID, Bandung – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Provinsi Jawa Barat melakukan berbagai upaya antisipasi untuk mempertahankan produksi di musim kemarau, salah satunya dengan menyediakan bantuan benih padi varietas tahan kering kepada petani.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, DTPH Jabar Yanti Zakiah mengatakan bahwa benih tahan di musim kemarau ini terutama akan diberikan di wilayah lumbung padi nasional, di antaranya Indramayu, Karawang, Cirebon, Bekasi, Majakengka, dan Cianjur.

Baca Juga:  HKML Battery di Karawang, Pabrik Baterai Listrik Terbesar di Asia Tenggara

“Selain bantuan benih, upaya yang sudah dan sedang dilaksanakan di Jabar agar tidak berdampak pada produksi antara lain juga menyediakan air yang cukup untuk  target luas tanam tahun 2023 sekitar 1,8 juta hektare, dengan satu kali hingga ada yang bisa tiga kali tanam,” kata Yanti dalam acara Jabar Punya Informasi (JAPRI) di Aula Timur Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (14/6/2023).

Baca Juga:  Gubernur Jabar Dukung Kenaikan Upah Pekerja 5 Persen Sesuai Aturan

Benih padi varietas tahan kering yang disediakan, di antaranya Impari, Impago, Cakrabuana, dan Situ Bagendit. Ada 448 varietas padi yang sudah diluncurkan Kementerian Pertanian yang dapat dijadikan pilihan petani.

Sampai Juni 2023, dari alokasi sebanyak 75.000 ha bantuan benih sudah disalurkan untuk 53.000 ha, belum lagi bantuan dari Pemerintah Pusat. “Sisanya akan kita dorong untuk antisipasi El Nino,” ujarnya.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse