Ikuti Kami:

Bisnis

Bakti Kemkominfo Akan Mulai Proyek Palapa Ring Integrasi Pada 2022

Diterbitkan:

|

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

TODAY.ID | BANDUNG – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan memulai proyek Palapa Ring Integrasi pada 2022 dengan memasang jaringan sepanjang 12.083 kilometer yang terdiri dari 8.203 kilometer merupakan kabel darat dan 3.880 kilometer adalah kabel laut.

Direktur Utama Bakti Kominfo Anang Latif mengatakan, proyek ini akan dibangun melalui 2 fase. Fase 1 di tahun 2022 sepanjang 5.226 kilometer dan fase 2 di tahun 2023 sejauh 6.857 kilometer.

Baca Juga:  Tauco Cap Meong Jadi Ciri Khas Kuliner di Cianjur Sejak Tahun 1880

Dia menyebut, Palapa Ring Integrasi akan menghubungkan jaringan di Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur. Integrasi tersebut, lanjut dia, akan memperkuat ketahanan ketika terjadi kendala atau masalah di salah satu jaringan.

“Kita bangun (Palapa Ring) itu konsep minimalis yang terbagi ke dalam tiga paket, yaitu barat, tengah, dan timur. Jadi, belum ada keandalan jaringan apabila salah satu jaringan terputus. Ini yang kami sekarang tingkat untuk jadi resilience. Misalnya terputus, itu tetap terhubung, itu kenapa lahirnya konsep Palapa Ring Integrasi,” kata Anang dalam webinar dengan tajuk ‘Apa Kabar Tol Langit?’ dipantau di Bandung, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga:  Apartemen Waterfall Crown Group Raih Penghargaan Lord Mayor’s Prize

Adapun Rute jaringan Palapa Ring Integrasi melewati Nusa Tenggara ke Papua, melalui Maluku, Sulawesi, Kalimantan, hingga Batam. Kemudian, Batam langsung terhubung ke Jakarta.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Komentar Anda

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *