Ikuti Kami:

Nasional

MUI Sebut Keserakahan Menjadi Penyebab Krisis Iklim dan Bencana

Diterbitkan:

|

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse
Ilustrasi, Majelis Ulama Indonesia (MUI). (Istimewa)

TODAY.ID | JAKARTA – Ketua Lembaga Pemulihan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dr Ir Hayu S Prabowo, M.Hum menyebutkan keserakahan manusia menjadi salah satu penyebab krisis iklim yang mengakibatkan bencana alam.

“Krisis iklim sejatinya krisis moral, dimensinya banyak. Jadi terefleksi pada kehidupan manusia modern yang kurang mengindahkan kehidupan berkelanjutan,” kata Hayu dalam webinar “Literasi dan Aksi Iklim Generasi Muda Religius Lintas Agama” yang dipantau di Jakarta, Selasa 30 November 2021.

Baca Juga:  Organisasi Pers Diberi Kebebasan Ikut Menyusun Peraturan Bidang Pers

Karena itu, katanya, krisis iklim juga perlu ditangani oleh pendekatan agama agar masyarakat menyadari bahwa alam perlu dipelihara untuk kelangsungan hidup manusia ke depan.

MUI, menurut Hayu, telah menerbitkan enam fatwa berkaitan dengan pelestarian alam, yakni Fatwa Nomor 2 Tahun 2010 tentang Daur Ulang Air, Fatwa Nomor 22/2011 tentang Pertambangan Ramah Lingkungan, dan Fatwa Nomor 4/2014 tentang Pelestarian Satwa Langka.

Baca Juga:  Cara Dapetin Puluhan Juta Tanpa Modal Dengan Bisnis Ini

MUI juga menerbitkan Fatwa Nomor 47/2014 tentang Pengelolaan Sampah, Fatwa Nomor 1/2015 tentang Pendayagunaan ZISWAF untuk Pembangunan Sarana Air dan Sanitasi Masyarakat, dan Fatwa Nomor 30/2016 tentang Hukum Pembakaran Hutan dan Lahan.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Komentar Anda

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *