Ikuti Kami:

Nasional

Sebanyak 19 Desa di Jawa Barat Masuk Kategori Risiko Tinggi Bencana Alam

Diterbitkan:

|

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse
Peta Provinsi Jawa Barat. (abundancethebook.com)

TODAY.ID | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan dari 5.312 desa di Jabar, 19 di antaranya masuk kategori risiko tinggi bencana alam. Sebanyak 3.500 desa masuk risiko sedang.

Ridwan Kamil menyebut, mayoritas desa rawan bencana hidrologi ada di wilayah Jabar Selatan khususnya Kabupaten Bogor.

“Mayoritas ada di Jabar selatan yaitu Kabupaten Bogor maka kita perlu atensi yang lebih maksimal,” kata Ridwan Kamil dalam keterangan yang diterima di Kota Bandung, Rabu 24 November 2021.

Baca Juga:  WCD, Wagub Jabar Harap Jadi Momentum Kepedulian Persoalan Sampah

Ridwan Kamil menyampaikan, sebagai langkah antisipasi Pemda Provinsi Jawa Barat sudah meminta BPBD mengawasi 19 desa tersebut. Warga yang rumahnya di sekitar bantaran sungai dan perbukitan juga terus diingatkan agar selalu waspada saat terjadi hujan.

“Perkiraan musim hujan ekstrem sampai Januari 2022, maka RT/RW dan warga harus siaga 1 terutama yang rumahnya di bantaran sungai. Saya juga sudah perintahkan BPBD agar lakukan tindakan pencegagan terukur jangan sampai menunggu korban,” tuturnya.

Baca Juga:  Video: Mebel Kualitas Kelas Pabrikan Dari Desa Siluman Subang

Sebelumnya, BMKG sudah memberikan peringatan bahwa prediksi musim hujan ekstrem di Jabar akan terjadi sampai Januari 2022. Ridwan Kamil berharap, apel siaga 2021 yang digelar ini memberikan semangat dan penguatan bagi para pasukan yang akan bertugas di lapangan.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Komentar Anda

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *