Ikuti Kami:

Daerah

Pembangunan Bendungan Leuwikeris di Tasikmalaya Capai 82 Persen

Diterbitkan:

|

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse
Pembangunan bendungan Leuwikeris. (Kementerian PUPR)

TODAY.ID | BANDUNG – Progres pembangunan Bendungan Leuwikeris yang berada di Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis mencapai 82 persen.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Bendungan Leuwikeris tersebut bertujuan untuk peningkatan volume tampungan air sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, penyediaan air baku dan pengendalian banjir.

Baca Juga:  Deretan Video Jemaah Ngantuk Berat Saat Shalat Ied

“Sungai Citanduy belum memiliki bendungan. Apabila bendungannya sudah rampung, maka kontinuitas suplai air ke sawah terjaga. Selama ini lahan pertanian kerap mengalami banjir saat musim hujan dan kekurangan air pada musim kemarau,” kata Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, 20 Oktober 2021.

Menurut Basuki Hadimuljono, konstruksi Bendungan Leuwikeris mulai dibangun sejak 2016 dan ditargetkan mulai pengisian air awal (impounding) pada 2023.

Baca Juga:  WCD, Wagub Jabar Harap Jadi Momentum Kepedulian Persoalan Sampah

Saat ini, lanjut Basuki Hadimuljono, progres bangunan fisik bendungan sudah mencapai 82 persen dengan biaya pembangunan sekitar Rp2,8 triliun.

Bendungan Leuwikeris merupakan salah satu Program Strategis Nasional Bidang Sumber Daya Air yang tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.109 Tahun 2020.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Komentar Anda

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *