Ikuti Kami:

Daerah

Wagub Jabar Hentikan Sementara Pabrik Tepung Tapioka di Karawang

Diterbitkan:

|

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse
Wagub Jabar hentikan pabrik tepung di Karawang. (Dok. Humas Pemprof Jabar)

TODAY.ID | BANDUNG – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menghentikan sementara operasional pabrik tepung tapioka dan pemanis skala besar di Desa Tegalwaru, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Senin (4/10/2021).

“Kami (Pemerintah Provinsi Jabar) dengan dinas lingkungan hidup, polisi lingkungan hidup, dan dinas kabupaten setempat, bersepakat menghentikan sementara operasional (pabrik). Bukan ditutup atau dicabut, tapi hentikan sementara,” tegasnya, dalam keterangan tertulis, Selasa (6/10/2021).

Baca Juga:  KMP Bukit Sumber Poleang Terbakar di Perairan Bombana Sulteng

Adapun alasan penghentian sementara operasional pabrik tepung tapioka dan pemanis in, dinilai mencemari Daerah Aliran Sungai (DAS) Cilamaya.

Akibat pencemaran sungai oleh pabrik tepung tapioka tersebut Sungai Cilamaya berwarna hitam dan berbau sehingga mengganggu ekosistem makhluk hidup dan masyarakat sekitar.

Baca Juga:  Bocah Kumandangkan Adzan Pemakaman Ibu Bapaknya Karena Covid-19

“Masyarakat meminta sampai ‘ceuk orang Sunda mah ngalengis’ atau menangis. Karena memang bau, air tidak bisa dimanfaatkan,” kata Wagub.

Menurut Uu, penghentian operasional pabrik ini merupakan langkah lanjutan dari beberapa kali teguran tertulis yang dilayangkan pihak berwenang tapi tidak ditanggapi dengan serius sehingga sudah masuk kategori pelanggaran berat.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Komentar Anda

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *