Ikuti Kami:

Bisnis

HKML Battery di Karawang, Pabrik Baterai Listrik Terbesar di Asia Tenggara

Diterbitkan:

|

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse
Presiden Jokowi kunjungi pabrik baterai listrik HKML Battery Indonesia di Karawang (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

TODAY.ID | KARAWANG – Pabrik baterai listrik HKML Battery Indonesia di Proyek Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang, menjadi pabrik terbesar di Asia Tenggara.

Menurut Presiden Joko Widodo HKML Battery merupakan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Nilai investasinya mencapai USD1,1 miliar atau setara Rp15 triliun (mengacu kurs Rp14.240 per USD).

Baca Juga:  Meski PPKM, Kebun Binatang Bazoga Tetap Perhatikan Kesehatan Satwanya

“Kita patut bersyukur hari ini bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia. Bahkan pertama di Asia Tenggara dengan nilai investasi USD1,1 miliar,” kata Jokowi saat meninjau Pabrik baterai listrik HKML Battery Indonesia, Rabu (15/9/2021).

Dia menyampaikan, pembangunan pabrik ini merupakan bukti keseriusan pemerintah untuk hilirisasi industri mengingat era kejayaan komoditas barang mentah seperti nikel sudah tidak sementereng dahulu.

Baca Juga:  Longsor di Karo Sumut Menimbun 5 Orang, 2 Berhasil Dievakuasi 3 Hilang

“Dan kita harus berani mengubah struktur ekonomi yg selama ini berbasis komoditas untuk masuk ke hilirisasi. Masuk ke industrialisasi menjadi negara industri yang kuat dengan berbasis pada pengembangan inovasi teknologi,” kata Jokowi.

HKML Battery mengubah nikel mentah menjadi barang jadi dengan nilai tambah berlipat. Perlu dicatat Indonesia merupakan salah satu negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Komentar Anda

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *