Ikuti Kami:

Nasional

Maraknya Aksi Pelemparan Batu Terhadap Kereta Api Akan Diproses Hukum

Diterbitkan:

|

Prev1 of 3
Use your ← → (arrow) keys to browse
PT Kereta Api Indonesia (KAI). (Foto: Istimewa)

TODAY.ID | JAKARTA – Aksi pelemparan batu yang akhir-akhir ini marak dilakukan terhadap kereta api di sejumlah daerah, mendapatkan perhatian keras dari PT Kereta Api Indonesia (KAI).

VP Public Relations KAI (Persero) Joni Martinus mengatakan pihaknya mengecam atas tindakan tersebut, pihaknya akan memproses hukum bagi siapa saja yang kedapatan melakukan pelemparan terhadap kereta api.

“Kami sangat mengecam atas tindakan vandalisme berupa pelemparan terhadap kereta api karena dapat membahayakan perjalanan dan melukai penumpang maupun petugas,” ujar Joni Martinus dalam keterangan resmi, Senin (20/9/2021).

Baca Juga:  Arab Saudi Izinkan Lagi Ibadah Umrah, Inilah Syarat Untuk Indonesia

Joni mengatakan dalam peristiwa serrpa tersebut sempat ada seorang masinis menjadi korban pelemparan batu hingga mendapatkan perawatan medis di Lahat, Sumatera Selatan pada Agustus 2021. Lalu, pada September, sempat viral video pelemparan batu di jalur kereta api di sekitar stasiun Kiaracondong, Kota Bandung.

Baca Juga:  Menikmati Keindahan Panorama Gunung Puntang di Desa Cimaung Bandung

Ia menegaskan hukuman pidana atas aksi pelemparan terhadap kereta api telah diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) Bab VII mengenai Kejahatan yang Membahayakan Keamanan Umum bagi Orang atau Barang Pasal 194 ayat 1 di mana tertulis bahwa barang siapa dengan sengaja menimbulkan bahaya bagi lalu lintas umum, yang digerakkan oleh tenaga uap atau kekuatan mesin lain di jalan kereta api atau trem, diancam dengan pidana penjara paling lama 15 tahun.

Prev1 of 3
Use your ← → (arrow) keys to browse

Komentar Anda

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *